Akal memecahkan masalah

Akal memecahkan masalah

1.Pengertian

Akal merupakan potensi menurut Aristotelis akal merupakan peroses terbentunya tindakan yang terlebih dahulu di proses melalui akal sebelum melahirkan tindakan. Menurut ulama banyak mendepinisikan akal yang bisa berarti terikat atupun mencegah,pengendali dari hawa nafsunya. Menurut Al-Quran sendiri akal tik pernah tercantum secara gamlang melainkan fungsi atau kerjanya. Ber fir (tafakur) muhasabah dsb. Dalam hadis malah ada yang menentang hadist yang mengandung kata akal. Tapi, saya tidak akn membahas itu. Akal disinia dalah suatu anugrah yang di berikan tuhan untuk bekal manusia didalam menjalankan hidupnya. Ini di buktikannya hanya manusia yang memiliki anugrah ini.

2. Akal sebagai potensi untuk mengatasi masalah

Mengambil contoh antara hewan dengan manusia jika seandainya hewan dikurung dan manusia dikurung apa yang terjadi? Sejak jaman dulu kandang kambing seperti itu,begitupun kuda yang hanya berbentuk palang. Tapi,berbeda dengan manusia penjara yang terus berevolusi dan semakain cangih masih saja ada yang bisa kabur. Berangakt dari sini betapa akal manusia berkembang dang bisa mengatsi masalah karna ini anugrah dari tuhan. Dua halyang dapat diambil hikamah pertama kempuan akal yang terus berkembang untuk mencari solusi mungkin karena sebagian besar dari tubuh kita terdiri dari air,perhatikan air seandainya dalam wadah ada saja sedikit lbang maka air akan menemukan da jadial kebocoran baik kecil terlbih besar. Manusia dalam rung-rungan masalah bagai wadah dalam air dengan kemampuan akal tadi seharusnya manusi menemukan celah sekecil apapun. Kedua hanya akal manusia sendiri yang dapat mengimbangi potensi manusia ini selanjutnyasya akan bahas lanjutanya.

3.Akal sebagai potensi meningkatkan kemampuan

Kemampuan adalah tindakan yang dapat mengeluarkan manusia dari satu kondisi ke kondisi lain sehingga labih layak uantuk kehidupanya biaknkah orang yang punya keahlian hidupnya lebih baik karna ada bagian dari hidupnya yang bermanfaat untuk masyarakat. Ada yang menarik karna akal adalah anugrah maka ada hibungan antara akal dengan potensi dalam hal peningkatan atupun menemukan potensi itu sendiri. Kita bandingkan antara akal manusia dengan komputer jika komputer brasal dari pabrik sementara akal yang di ciptakan Allah tidak pernah nengan insinya hanya dengan kemampuanya saja terbukti setiap komputer memiliki isi yang berbeda begitupn dengan akal manusia semuanya isnya berbeda apa yang menyebabkanya begitu berbega? Linkungan yang berbeda menghasilakan isi yang berbeda. Komputer guru,dosen mahasiswa denagn anak SD atau mungkin dengan seorang petani sangat berbeda. Begitupun kitaterapakan pada akal manusia.

Kembali bahwa akal mempengaruhi potensi sementara akal di pengaruhi lingkungan berarti potensi yang baik ada pada lingkungan yang baik bagaimana denagn orang yang di lingkungan yang begitu terbatas sehingga sulit baginya untuk meningkatkan akalnya?

4.Kehebatan akal hanya bisa diklahkan oleh akal itu sendiri

Bagaimana mengalahkan akal ada dua metode yaitu:

pertama :akal denagn akal

yaitu kemampuan akal harus lebih tinggi di bandingkan denagn akal yang akan di kalahkan ini mencakup hal-hal:

  • Lebih berisi yaitu memiliki informasi yang cukup banyak yang disertai dengan ilmu sehingga proses berpikir berjalan denagn sebuah kualaitas yang berisi bukan hanya pepesan kosong
  • Lebih pintar memnag agak sulit karna ini setiap orang berbeda-beda dalam IQ-nya ada paktor keturunan atau sebagainya tapi pada dasarnya semua orang itu pintar. Paktor ini menentukan proses berpikir yang cemerlanga dan kreatif

Kedua:akal denagn yang menciptakannya

Ada pihak ketiga kalu bisa di sebut begitu kita meminta tolong kepada yang menciptakan akal itu sendiri maka Allah akan memberikan sesuatu yang tidak terjangkau oleh akal ada yang menyebutnya denagn Zero mind atu spiritual. Contoh adakalanya kita mendapatkan sesuatu yang tidak terduga baik yang menyenangkan ataupun tidak tidak terpikirkan sebelunya atau malah keluar dari prediksi kita, ada juga kepanikan,ketakuatan yang biasanya tidak masuk akal dan tidak beralasan kemampuan akal kadanga tidak mengerti hanya perasaan.

Tentu pendekatan pada Allah SWT harus sedemikian bersiah dan total sehingga kita bisa menerinya anugarah yang akan diberikanya sesuai dengan syratnya. Ilmu kita hanya sebatas jari yang dicelupkan pada air laut dibanduingakn dengan samudra ilmu Allah. Maka selayaknya kita meminta tolong.

5.Melawan akal yang terbatas

Menyambung dari penbahasn yang lalu tentanglinkngan yang mempengaruhi akal untuk berproses maka peran tuhan disini sangat diperhatikan. Adanya ruang antara kita denagn kemampauan kita yang disebut keterbatasan ada sebuah makna yang tersirat ketimbang mengatakan tuhan tidak adil dalam penetapan linkungan untuk mengembangkan kemampuan kita.

Polemiknya knapa tidak kita katakan bahwa seandaianya kita dilahirkan dikerajaan tentu hidup kita lebih baik sekalian saja hidup jadi anak orang kaya atau presiden kalau mau mengeluh sekalian. Inipun sama sebenarnya hanya saja di belokan ke akal terlebih dahulu sehngga keluhanya jadi kenapa saya tidak ada di liangkungan yang hebat sehiangga akal dan potensi saya berkembang sedangkan sekarang dalam ketrbatasan?

Keterbatasan adalah memaksimalkan kekuatan yang terbenam ntuk keluar dari keterbatasn itu.keterbatasan adalah pertanda bahwa ada kekuatan yang begitu dahsyat untuk keluar dari masalah itu sehingga pertanyaanya kekuatan sedahsyat apa yang bis a mengeluarkan dari keterbatasn ini? Bayangkanlah kedahsyatan kekuatan itu yang kita butuhkan untuk menyelesaikan keterbatasan melewatinya maka itulah kekuatan yang ada pada diri kita.

6.Kesimpulan

Mulailah perubahan kita denagn kemampuan akal kita yang di anugrahkan oleh Allah SWT. Bahwa tuhan tidakmemberikan beban tetapi sesuai denagn kemampuanya yaitu kekuatan yang terpendam padanya sehingga ia bisa mengeluarkan potensi terbaiknya pada keterbatasanya

Posting Komentar